BimTek Pengelolaan Sampah Wisata Alam di Kawasan TN Bali Barat

Bimtek Stakeholder

Bimbingan Teknis yang diselenggarakan oleh P3E Bali Nusra bekerjasama dengan Balai Taman Nasional Bali Barat terkait Pengelolaan Sampah di TN.Bali Barat yang dilaksanakan tgl 10-11 Juli 2024 di kantor Balai TNBB. Turut hadir partisipasi peserta dari kelompok masyarakat, pelaku usaha/kegiatan wisata alam yang ada di sekitar Kawasan, pelajar, pengempon/tokoh adat.

Bimtek stakeholder
Bimtek stakeholder

Penyampaian materi dari Narasumber P3E Bali Nusra, Direktorat Pengurangan Sampah Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun Kementerian Lingkungan Hidup, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Jembrana, yang mengusung moto KEDAS berasal dari Bahasa Bali yang berarti BERSIH, dan merupakan akronim dari “Keren Tidak Ada Sampah. Sense of Belonging dan Pemberdayaan adalah Kunci.

Bimtek Stakeholder
Bimtek Stakeholder

Bimtek stakeholder
Bimtek stakeholder

Kepala Balai Taman Nasional Bali Barat Bp. Prawono Meruanto berkesempatan memberikan paparan tentang Upaya Pengelolaan Sampah Wisata Alam di Taman Nasional Bali Barat dan Yayasan Biosfer Indonesia memyampaikan materi terkait Pengelolaan Sampah berbasis Sumber. Selain materi, peserta juga mengikuti praktek pengelolaan sampah, diantaranya pemilahan sampah, pengomposan dan teknik biopori dan budidaya maggot yang berlokasi di halaman rumah kompos BTN. Bali Barat, di Gilimanuk, Bali.