Peringatan Hari Bumi 2024

A Day For The Earth

Perayaan Hari Bumi hingga saat ini sangat menarik perhatian media nasional, dan tersebar di seluruh negeri. Pada akhir tahun 1970, Hari Bumi pertama berujung pada pembentukan Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat dan disahkannya undang-undang lingkungan hidup pertama lainnya, termasuk Undang-Undang Pendidikan Lingkungan Hidup Nasional, Undang-Undang Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan Undang-Undang Udara Bersih. Dua tahun kemudian kongres mengesahkan UU Air Bersih.

Dalam Sejarahya, pada bulan Januari 1969 Senator Gaylord Nelson, senator junior dari Wisconsin menyaksikan kerusakan akibat tumpahan minyak besar-besaran di Santa Barbara, Kalifornia. Beberapa dekade terakhir, menjelang revolusi pertama masyarakat Amerika mengalami gejolak ekonomi dan politik. Banyak pabrik Industri mengeluarkan asap dan lumpur tanpa rasa takut akan konsekuensi baik dari hukum maupun pemberitaan yang buruk pabrik. Hingga saat ini, masyarakat Amerika masih belum menyadari masalah lingkungan hidup dan bagaimana polusi lingkungan mengancam kesehatan manusia.

Senator Nelson merupakan politisi Amerika dan seorang konservator.Terinspirasi oleh gerakan mahasiswa anti-perang, ingin menanamkan energi protes mahasiswa anti-perang dengan munculnya kesadaran publik tentang polusi udara dan air. Senator Nelson mengumumkan gagasan untuk mengadakan pengajaran di kampus-kampus kepada media nasional, dan membujuk Pete McCloskey, anggota Kongres dari Partai Republik yang berpikiran konservasi, untuk menjadi ketua bersama.

Denis Hayes merupakan seorang aktivis muda yang diutus untuk mengatur pengajaran di kampus dan sebagai informan ke masyarakat. staf nasional dibentuk sebanyak 85 orang untuk mempromosikan acara-acara di seluruh negeri dan upaya tersebut segera diperluas hingga mencakup berbagai organisasi, kelompok agama, dan lainnya. Mereka mengganti namanya menjadi Hari Bumi dan saat itulah Hari Bumi ditetapkan pada tanggal 22 April, bertujuan untuk memaksimalkan partisipasi siswa, karena berada diantara Liburan Musim Semi dan Ujian akhir.

Bagaimana dengan peringatan hari bumi sedunia ini hingga periode saat ini?

Rasa kepedulian kita terhadap bumi perlu ditingkatkan dengan suatu aksi nyata karena Kelestarian bumi menjadi tanggungjawab semua pihak yang hidup di bumi tanpa terkecuali.