Realisasi PNBP Terbesar Ketiga

BTN Bali Barat Aprove

Balai TN Bali Barat kembali mendapatkan apresiasi sebagai satuan kerja dengan realisasi PNBP terbesar ketiga lingkup KLHK tahun 2023 wilayah Bali, Nusa tenggara yang diserahkan oleh bp. Ka.Biro Keuangan Kemen LHK yang diterima oleh Plt. KSBTU Bp. Arya Kusdyana.

Penerimaan Negara Bukan Pajak yang selanjutnya disingkat PNBP adalah pungutan yang dibayar oleh orang pribadi atau badan dengan memperoleh manfaat langsung maupun tidak langsung atas layanan atau pemanfaatan sumber daya dan hak yang diperoleh negara berdasarkan ketentuan peraturan perundangundangan, yang menjadi penerimaan Pemerintah Pusat di luar penerimaan perpajakan dan hibah, dan dikelola dalam mekanisme anggaran pendapatan dan belanja negara.

Perimaan Negara Bukan Pajak pada Bidang Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam adalah jumlah nominal tertentu sebagai penerimaan negara bukan pajak yang dikenakan terhadap transaksi kegiatan penyerapan dan/atau penyimpanan karbon dari kawasan hutan, pemanfaatan jasa lingkungan wisata alam di taman nasional, taman hutan raya, taman wisata alam, taman buru dan suaka margasatwa, pemanfaatan tumbuhan dan satwa liar, denda administratif bidang perlindungan hutan dan konservasi alam, hasil lelang kayu temuan dan hasil lelang tumbuhan dan satwa liar yang tidak dilindungi undang-undang, dan pemanfaatan air dan energi air di suaka margasatwa, taman nasional, taman hutan raya dan taman wisata alam.

Taman Nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi. Jenis Dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Kementerian Kehutanan Rayon II yang telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2014 sebagai upaya mengoptimalkan guna menunjang pembangunan nasional, sebagai salah satu sumber penerimaan Negara yang perlu dikelola dan dimanfaatkan untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Semoga selalu menjadi motivasi bagi Peningkatan kinerja TNBB dalam meningkatkan penerimaan negara dan mensejahterakan masyarakat sekitar kawasan, dan engan capaian apresiasi yang telah diraih, tentunya semakin menguatkan kebersamaan Balai TN Bali Barat dan stakeholders dalam pelestarian kawasan dan potensi biodiversity TNBB.