Survei Potensi Alam pada Zona Pemanfaatan Taman Nasional Bali Barat

Survei Potensi Biofisik dan Sosekbud dalam Rangka Penerbitan Pertimbangan Teknis (PERTEK) Permohonan PB-PSWA PT. Bahtera Karang Sewu di Kawasan TN. Bali Barat

Dalam rangka permohonan pertimbangan teknis PB-PSWA PT Bahtera Karang Sewu di zona pemanfaatan TNBB, telah dilaksanakan survei biofisik dan sosial ekonomi budaya (sosekbud) masyarakat pada tanggal 29 Mei s/d 3 Juni 2024 di Teluk Gilimanuk.

Survei biofisik dibagi menjadi 2, yaitu survei potensi vegetasi dan survei pengamatan satwa liar. Survei biofisik ini bertujuan untuk mengetahui potensi vegetasi yang ada di savana, mangrove, lamun dan perairan serta potensi satwa liar yang tersebar di Kawasan Teluk Gilimanuk. Pembuatan plot untuk identifikasi jenis vegetasi dan satwa liar menggunakan metode line transek. Pengambilan data di lapangan pada savana dan mangrove masing-masing dilakukan pada delapan stasiun, sedangkan untuk lamun dan perairan dilakukan pada tiga stasiun.

survei biofisik

survei biofisik

survei biofisik

survei biofisik

Survei sosekbud masyarakat dilaksanakan di tiga desa, yakni Kelurahan Gilimanuk, Dsn. Klatakan, Desa Melaya, dan Dsn. Tegalbunder, Desa Sumber klampok. Pengambilan data ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat mengenai nilai budaya lokal dan hubungan sosial, rencana pembangunan wisata alam, serta harapan masyarakat terhadap pengelolaan sarana pariwisata alam Karangsewu.

sosekbud