Save Curik Bali Demi Kelestarian Populasi

Penyerahan Curik Bali (Leucopsar rothschildi)

Pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan TNBB, selain bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan juga untuk menumbuhkan hubungan harmonis antara Balai TNBB, masyarakat, dan para pihak.

Burung curik bali dengan jumlah 600 ekor, kini tersebar sampai di pekarangan dan kebun masyarakat. Perburuan liar dan kemampuan survival yang rendah ketika berada di luar kawasan menjadi ancaman yang perlu diantisipasi.

Curik Bali (Leucopsar rothschildi)
Curik Bali (Leucopsar rothschildi)

Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kelompok Rumah Belajar Klatakan Sumber Sari Melaya salah satu kelompok binaan pemberdayaan masyarakat yang telah menyelamatkan anakan curik bali yang ditemukan di sekitar sarang hasil penetasan di kebun masyarakat. Anakan tersebut diduga sedang belajar terbang dan terjatuh.

Dengan kesadaran dan kecintaan terhadap tumbuhan dan satwa liar, teman - teman kelompok menyerahkan anakan burung kepada Resort Gilimanuk, Seksi PTNW II BTNBB pada hari Jumat tanggal 19 April 2024. Anakan burung akan mendapat perawatan lebih lanjut dan segera dilepasliarkan setelah kondisinya memungkinkan.

Mari bersama kita bangun sinergi untuk menjaga dan melestarikan keanekaragaman hayati.